Selamat Setahun, Safari!

Ketika aku berkata bahwa kalian seperti adik-adikku, aku tidak hanya menyiratkan perbedaan angkatan di antara kita dengan aku yang lebih tua dan kalian yang lebih muda. Aku tidak menyatakan bahwa aku dewasa sementara kalian tidak. Aku tidak bermaksud merendahkan dan mengatakan bahwa aku yang paling tahu segalanya.

Tidak, sama sekali tidak.

Yang sebenarnya hendak kukatakan adalah, sama seperti adik-adikku, kalian merupakan kepingan-kepingan fragmen yang saling menyempurnakan. Seperti adik-adikku, tidak ada istilah yang satu lebih dewasa dari yang lainnya. Kami semua justru saling mendewasakan. Sama seperti yang kulihat dalam diri kalian. Dari kalian, aku belajar banyak hal. Dan semoga, ada hal yang dapat kalian pelajari juga dariku.

DSC_0502-01.jpeg

***

Di ITS, LKMM TM (Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah) dikonsep sepenuhnya oleh Tim Pemandu TM yang terdiri atas Pemandu TM dan Fasilitator TM. Setiap tahun, lahir Tim Pemandu TM yang baru untuk merencanakan dan mengeksekusi serangkaian LKMM TM selama satu semester penuh (bahkan lebih) bersama para stakeholder terkait.

Tahun 2017 merupakan tahun bagi Tim Pemandu Ekspresi untuk memberi warna bagi KM ITS. Pemandu Ekspresi terdiri dari 12 orang angkatan 2013 yang dilahirkan pada 30 Oktober 2016, sementara Fasilitator Ekspresi terdiri dari 12 orang angkatan 2014 yang lahir dua bulan setelahnya. 25 Desember 2016.

Dengan menganut konsep bahwa setiap individu memiliki hak untuk mengekspresikan diri dan kebaikan dalam bentuk yang berbeda-beda, Pemandu Ekspresi meminta Fasilitator Ekspresi untuk menyatakan diri dalam wujud hewan yang paling menggambarkan diri mereka masing-masing.

Sejak saat itu, dengan jiwa hewan yang mendarah daging, keduabelas satwa liar ini pun mendeklarasikan diri sebagai SAFARISatuan Fasilitator Ekspresi.

1514198748397.jpg
Laki-laki (ki-ka): Isom, Habieb, Khai, Ghofoer, Fajar, Jujui. Perempuan (ki-ka): Vida, Widi, El, Ismah, Arinda, Jijah.

***

1. Ular alias El

Sebagai seorang koordinator, El adalah sosok yang sangat bertanggung jawab dan selalu dapat diandalkan. Kesibukan banyak. Jadwal padat. Tugas kuliah beranak pinak. Tapi ajaibnya, semua selalu teratasi dan ia selalu mampu menempatkan LKMM TM sebagai salah satu prioritasnya. Komitmen, ketegasan, dan tanggung jawab adalah tiga hal besar yang kupetik darinya.

(Jangan sibuk-sibuk ya, El. Jauh dalam hati, aku ingin kamu sedikit saja menjadi egois kali ini dan mengejar apa yang ingin kamu capai dan lakukan di tahun terakhir perkuliahanmu.)

2. Singa alias Khai

Salah satu bukti bahwa ketampanan dan selera humor tidak berbanding lurus. Untungnya, Khai berada dalam lingkungan keluarga Ekspresi yang selalu terbuka menerima siapapun tak peduli sereceh apapun dia. Perlahan, Khai mulai belajar mencintai tempat ini, sementara aku belajar untuk bisa selalu tenang dalam berpikir dan menghadapi masalah seperti dirinya.

(Semangat dengan amanah barunya, Khai. Terima kasih telah menumbuhkan cinta di tempat ini dan memilih untuk kembali.)

3. Panda alias Vida

Diam-diam menghanyutkan. Pemandu Ekspresi pernah bergurau di belakang bahwa jika keaktifan Safari dituangkan dalam bentuk grafik, maka bentuk grafik Vida akan mendekati garis horizontal sempurna saking konsisten dirinya. Vida tidak pernah hilang dalam setiap LKMM TM (6 kali pelaksanaan), selalu ada dengan senyum lebar khas dirinya, dan darinyalah aku mengerti bahwa konsistensi itu nyata.

(Selamat menempuh tahun pertama di Lintas Jalur, Vid. Semoga lulus tepat waktu lagi, dan semoga aku sudah lulus saat kamu wisuda.)

4. Koala alias Jujui

Jika tidak berdiskusi tentang LKMM TM, diskusi kami tidak jauh-jauh mengenai hal-hal yang dianggap tabu bagi sebagian orang. Tuhan, agama, seksualitas, dan lainnya. Tapi, tidak jarang juga hal-hal remeh menjadi bahan obrolan kami untuk menghabiskan waktu. Sebagai orang paling keras kepala yang mengakui dirinya keras kepala, darinya aku belajar untuk teguh pendirian namun tetap terbuka akan berbagai pandangan. Biarlah Jujui yang menempati peringkat pertama orang paling keras kepala.

(Terima kasih untuk obrolan-obrolan malamnya, Jui. Sejujurnya, aku sudah dan selalu menemukan Tuhan. Tapi, nanti sajalah hal ini kita bahas.)

5. Beo alias Habieb

Anak gaul Jakarta yang rendah hati dan senang berbagi. Bila setiap orang dinilai dari luar, Habieb bisa dipastikan tidak memiliki teman karena impresi pertamanya yang terkesan arogan. Kalau sudah mengenal lebih dekat, akan kalian temui sosok yang mudah bergaul, berani malu, study oriented, dan tulus mengabdi serta berbakti kepada agama, nusa dan bangsa.

(Sukses untuk tahun terakhir perkuliahanmu, Bieb. Semoga selalu dilancarkan dan dimudahkan dalam meraih impian dan cita-citamu.)

6. Semut alias Ismah

Berbicara mengenai Ismah, aku sudah sampai pada tahap tidak habis pikir bagaimana bisa ada perempuan sekuat ini yang terjebak dalam tubuh semungil ini. Di balik kebodohan-kebodohan tingkah laku dan ocehan-ocehannya (ini merupakan pujian), Ismah adalah sosok paling tahan banting dan tahan hinaan sampai aku nyaris tidak percaya bahwa di organisasi lain, ia dikenal sebagai sosok yang galak.

(Rindu berbagi cerita dan kebodohan bersamamu, Mah. Semoga kamu sudah sedikit lebih waras ya ketika kita bertemu nanti.)

7. Belut alias Fajar

Orang-orang seringkali salah paham kepada Fajar yang kerap mendekati perempuan-perempuan di luar sana dan menganggapnya memberi harapan palsu. Padahal, memang iya. Mereka yang pertama kali bertemu Fajar mungkin akan terjebak dengan karisma dan wibawanya (ini serius). Tapi percayalah, satu semester kami makan, rapat, main, diskusi, dan tidur bersama, nyatanya ia tetap manusia biasa. Banyak hal yang kupelajari darinya, tapi yang paling membekas adalah perihal kedalaman pemikirannya.

(Amanah apapun yang sedang atau akan kamu ambil, aku yakin kamu akan selalu bertanggung jawab, Jar. Jangan lupa luangkan waktu untuk bisa kumpul bersama lagi.)

8. Albatros alias Widi

Sempat bangga karena tidak pernah di-bully sejak kecil, sayangnya predikat tersebut harus luntur ketika ia bergabung dalam tim ini. Tapi tenang, aku tidak akan membicarakan hal itu. Terlepas dari aksen Blitar yang khas, Widi adalah rekan yang selalu bisa diandalkan dalam hal apapun. Percayalah. Meski mudah panik dan sering banyak pikiran, Widi selalu bisa menyelesaikan tanggung jawabnya tepat waktu dan sempurna (berhubung aku seorang perfeksionis).

(Beribu terima kasih kusampaikan karena telah mempercayaiku sebagai telinga yang bisa diandalkan. Rindu sekali berkumpul bertiga bersama Fajar, semoga dalam waktu dekat ini bisa segera terealisasikan.)

9. Koi alias Isom

Isom sepertinya patut berbangga bila kuberikan predikat sebagai manusia tanpa urat malu. Ini pujian, bukan hinaan. Perlu kuakui, Isom adalah sosok yang membuatku belajar banyak perihal keberanian. Keberanian untuk menyuarakan pendapat, untuk menangkis persepsi-persepsi negatif dari orang lain, dan untuk selalu tampil sebagai diri sendiri. Sikap pantang menyerah pula salah satu hal yang patut kuteladani darinya.

(Perjuanganmu tidak akan sia-sia, Som. Terima kasih telah menunjukkan arti sebuah semangat dan tekad, selamat berjuang.)

10. Salmon alias Arinda

Anak gaul Bogor yang tidak pernah lepas dari logat Bogor yang khas. Selalu ngegas. Kulit luarnya boleh kelihatan sangar, tapi ternyata bisa menangis juga. Penggemar Korea sejati, mulai dari drama, lagu, reality show, semua hal tentang Korea sudah pasti ia khatamkan. Selain teknik-teknik membedakan wajah artis Korea (yang tidak ada bedanya), aku belajar tentang kesungguhan dan sikap terus terang darinya.

(Sebagai sesama pengabdi sipil, kudoakan semoga kamu bisa lulus dengan kecintaan terhadap ilmu yang kamu pelajari ya, Rin. Aku yakin kamu akan menjadi jauh lebih sukses dariku.)

11. Gurita alias Ghofoer

Di balik kelakuan absurdnya yang di luar batas kewajaran manusia, Ghofoer nyatanya sosok yang pemikirannya tidak bisa diremehkan. Kadang aku berpikir, mungkin seperti itulah Ghofoer membentuk personanya agar tidak terlihat begitu tinggi dengan wawasan-wawasan di kepalanya, tetapi juga membumi kepada banyak orang dengan tingkah-tingkah bodohnya.

(Pertahankan pemikiran dan kebodohanmu ya, Foer. Jangan lupa untuk selalu membagi waktu antara pacaran dan tanggung jawab lainnya.)

12. Kuda alias Jijah

Rekan begadang yang selalu setia menemani malam-malamku yang sendu bahkan hingga saat ini. Mendeklarasikan diri sebagai 3C (Cerdas, Cantik, Ceria) sejak dulu, namun sejak dulu pula kami semua mengetahui bahwa hanya C yang terakhir yang menggambarkan dirinya. Jijah merupakan sosok yang rela berkorban demi orang lain. Namun bersama Ekspresi, ia mengaku jatuh cinta, sampai pada titik tidak pernah sama sekali merasa berkorban.

(Banyak pesan yang sudah kusampaikan melalui obrolan malam kita sepertinya, Jah. Di sini, aku hanya ingin mengulang sebuah pesan sekali lagi: kamu berhak bahagia.)

***

Terima kasih telah membuatku belajar begitu banyak, Safari. Terima kasih pula telah hadir dan memberikan banyak warna dan ekspresi hingga saat ini. Sampai jumpa di proyek Perpustakaan Ekspresi maupun proyek-proyek lainnya bersama kalian lagi.

DSC_0507-01.jpeg
Ceritanya Candid

“Bersama berekspresi demi nyala KM ITS.”
“Ekspresi. Bukti nyata warna kami.”

Baca juga:
Selamat Bertugas, Ekspresi!
Selamat Jatuh Cinta, Ekspresi!
Selamanya.

Advertisements

17 thoughts on “Selamat Setahun, Safari!

  1. Manis sekali,semoga tetap kompak mskipun ntr msing-msih telah sendri, aku dlu dket bgt sm satu devisi, eh skrg jlnny sudah sndri, jd jrg bgt tukar kbar😥

  2. Dibenakku pemandu TM itu selalu keren. Dan kini kamu menggambarkannya dgn jelas Bageur. Jempol buat mereka (termasuk Bageur). Semoga kompak selalu 😊

    Ternyata ada satu nama yg familiar. Hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.